Pages

"some of the best lessons are learned from past mistakes. the error of the past is the wisdom of the future"

Sabtu, 25 Februari 2012

Komik Detektif

 Berikut adalah list dari komik detektif dari Jepang yang pernah saya baca :

1. Detektif Conan
Sinopsis : Shinichi Kudo, seorang detektif SMA berusia 17 tahun yang biasanya membantu polisi memecahkan kasus, diserang oleh 2 anggota sindikat misterius ketika mengawasi sebuah pemerasan. Ia kemudian diberi minum racun misterius yang baru selesai dikembangkan untuk membunuhnya. Namun, karena sebuah efek samping yang jarang terjadi yang tidak diketahui anggota sindikat tersebut, racun tersebut mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti anak kecil berusia tujuh tahun setelah mereka meninggalkannya. Untuk menyembunyikan identitasnya dan untuk menginvestigasi keadaan sindikat tersebut, yang selanjutnya dikenal dengan nama Organisasi Berbaju Hitam atau Organisasi Hitam, dia menyamarkan namanya menjadi Conan Edogawa. Untuk mencari jejak sindikat tersebut, dia tinggal bersama dengan teman sejak kecilnya, Ran Mouri, yang ayahnya, Kogoro Mouri, merupakan seorang detektif swasta. Dia bersekolah di SD Teitan dan membentuk Grup Detektif Cilik dengan 3 teman sekelasnya, yaitu: Ayumi Yoshida, Mitsuhiko Tsuburaya, dan Genta Kojima. Meskipun tubuhnya mengecil, ia tetap memecahkan kasus. Biasanya, ia menyelesaikan kasus-kasus tersebut dengan meniru suara Kogoro Mouri dengan alat yang diciptakan oleh tetangganya, Profesor Agasa. Kogoro Mouri, seorang detektif yang agak bodoh, awalnya bingung pada kemampuan memecahkan kasusnya meningkat secara mendadak. Tetapi, kemudian ia tidak heran karena ia senang karena ketenarannya yang meningkat. Ran Mouri pernah beberapa kali mencurigai bahwa Conan adalah Shinichi, namun karena kecerdikan Conan, maka Ran pun percaya bahwa Conan bukanlah Shinichi. 

2. Q.E.D.
Merupakan kependekan dari Quod Erat Demonstrandum yang merupakan bahasa Yunani dimana merupakan istilah internasional yang apabila kita berhasil membuktikan suatu aksioma matematika, maka “Q.E.D.” dibubuhkan dibawah persamaan tersebut.“Q.E.D.” serupa dengan pernyataan “Terbukti” yang mana dicantumkan selalu ketika saya selesai membuktikan suatu persamaan dalam matematika. Tokoh sentral detektifnya adalah So Toma, seseorang jenius yang lulus dari MIT pada usia 15 tahun! Setelah itu ia pulang ke Jepang dan mendaftar menjadi siswa SMU biasa. Tapi ia tidak angkuh dan sok pintar, walau memang cenderung diam. Menurut perkenalan tokoh di komik ini, disebutkan bahwa Toma berpengetahuan luas namun kurang bisa memahami perasaan manusia. Dan dalam memecahkan kasus ia selalu mendapat dorongan dan inisiasi dari Kana Mizuhara, putri polisi yang menjadi teman sekelasnya .

3. Detektif Kindaichi
Detektif kindaichi merupakan manga dan anime detektif karya Yozaburo Kanari, Fumiya Sato, dan Seimaru Amagi. Manga ini terbit di majalah minggunan Shonen Jump mulai tahun 1984 hingga tahun 2000. Manga yang cukup populer ini pun memiliki versi novel yang lebih ditujukan untuk pembaca dewasa dengan kasus yang lebih berat. Seri pertama manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 1999. Ini tentang Hajime Kindaichi, cucu almarhum detektif terkenal Kyosuke Kindaichi. Sehari-hari ia nampak konyol, mata keranjang, pemalas, suka ngegame, rakus, dan cenderung bokek. Dia berhasil pecahkan banyak kasus dan disamping pengetahuan luas, ia juga cerdik. Hmm, tentu jika ada tokoh sang detektif pria maka ada pendamping wanita yang dekat yaitu Miyuki. Mereka adalah teman sekelas.

4. Sherlock Holmes
Sherlock Holmes adalah detektif fiktif berkebangsaan Inggris ciptaan Sir Arthur Conan Doyle. Ia biasanya ditemani rekannya Dr. Watson dalam petualangannya. Ia terkenal akan kemampuan deduksinya dan kepandaiannya dalam memecahkan kasus. Sherlock Holmes menyebut dirinya "detektif konsultan", orang yang dimintai tolong dalam suatu kasus ketika kasus tersebut dianggap terlalu sulit untuk dipecahkan polisi dan detektif lain; kita bahkan sering mendengar bahwa dia dapat memecahkan suatu kasus tanpa harus meninggalkan rumahnya. Ia sangat handal dalam menyelesaikan kasus-kasus yang tidak biasa dengan menggunakan kemampuan analisisnya yang luar biasa, dan sering juga menunjukkan kemampuannya ini kepada klien barunya dengan membuat analisis langsung tentang pribadi atau hal-hal yang baru saja dilakukan sang klien. Strategi ini, tentu saja, tidak pernah gagal mencengangkan dan membuat kliennya percaya akan kemampuannya.

5. DDS
Dan Detective School. Well, ini cerita tentang sekolah detektif bentukan Dan Morihiko, manta detektif terkenal. Disini terdapat kelas khusus yaitu Kelas Q yang mana paling istimewa dan pilihan pribadi oleh Dan Morihiko. Para murid tersebut adalah Kyu , Ryu , Kinta , Kazuma , dan Meg .

0 komentar:

Posting Komentar